Jenis-jenis kertas yang harus diketahui

Sangat banyak jenis tipe kertas print sangat sulit dan juga menjengkelkan untuk memilih tipe-tipe kertas ini terutama dalam pekerjaan dan klien mempermasalahkan masalah kertas tidak sesuai dengan yang dia inginkan.pada artikel kali ini kami akan membahas dengan rinci tipe-tipe dari kertas yang bisa digunakan untuk printing yang sering digunakan.

Jenis-jenis kertas yang harus diketahui
  1. Uncoated paper

Kertas yang termasuk uncoated paper adalah Kertas HVS, Kertas HVO, Newsprint dll. Kertas uncoated memiliki sidat daya serap yang besar. Permukaannya akan terlihat sedikit kasar, mudah diambil, memiliki pH rendah sehingga akan sulit kering dan permukaannya bergelombang (tidak rata) maka hasil cetakannya tidak menimbulkan efek gloss.

  • Coated paper

Kertas coated adaalah kertas yang dilapisi, jenis kertas yang dilapisi meliputi kertas art, kertas coater, mat coated, coated cast, karton art, carton coated. Kertas coated ini memiliki sifat-sifat yang berbanding terbalik dengan kertas uncoater. Penggunaan bahan kertas uncoated ini biasanya digunakan pada produk-produk jenis brosur, flyer dan sebagainya. Kertas berbahan ini paling sering dikomcinasikan dengan finishing cetak “Ultra Venish (UV) / Super Glossy”.

  • Non absorption paper

Kertas non absorption, yang termasuk kedalam kertas non absorption yaitu stiker vinil, yupo, typex, foil emas, alumunium foil, kertas sintetis art dll. Karena jenis ini tidak memiliki penyerapan, pengeringan berlangsung dalamm oksidasi penuh. Biasanya timbul masalah yaitu lama proses pengeringanya.

Sehingga ada penanganan khusus pada saat proses pencetakan. Biasanya hasil cetakan tidak ditumpuk terlalu tinggi, pH wetting waternya tidak terlalu asam karena bisa menghambat oksidasi, menggunakan wetting water seminimal mungkun. Dan harus berhati-hati karena tinta bisa lebih cepat mongering dibandingkan tinta biasa. Jangan menumpuk sebelum tinta sudah benar-benar kering.

kertas yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah kertas uncoated. Terutama kertas HVS. Kertas ini adalah kertas yang tidak dilapisi dan tidak memiliki lapisan untuk mengisi serat. Kertas Ini umumnya lebih kasar dari kertas berlapis dan cenderung lebih berpori, yang membuatnya sangat menyerap.

Gambar yang dicetak di atas kertas yang tidak dilapisi akan lebih lembut dan tidak “garing”. Banyak buku yang terbuat dari kertas uncoated/tanpa lapisan karena kertas tersebut adalah pilihan bagus untuk novel atau buku yang akan Anda tulis. Tekstur kasar kertas yang tidak dilapisi/uncoated juga merupakan pilihan yang bagus untuk beberapa buku seni.

Kertas Proline Uncoated yang indah adalah kertas foto satu-satunya yang tidak dilapisi, yang akan menghasilkan presentasi karya seni yang menakjubkan. jika Anda ingin memilih opsi kertas yang tidak dilapisi untuk proyek besar Anda berikutnya, kalian bisa mencari kertas-kertas uncoated dengan kualitas yang bagus dibanyak tempat, kertas ini sangat cocok untuk banyak hal, apakah itu untuk pengumuman dan undangan atau proposal bisnis, brosur, atau materi pemasaran kelas profesional.

Kertas tanpa lapisan hadir dalam beragam warna, berat, dan ukuran yang luar biasa sangat lengkap, Meskipun tidak memiliki lapisan atas, Anda masih dapat menemukan kertas yang tidak dilapisi di berbagai lapisan akhir, termasuk linen, felt, matte, embossed, cockle, dan laid.

Nah itu adalah jenis-jenis kertas yang bisa kamu gunakan sesuai apa kebutuhan kamu, dan kertas uncoated adalah kertas yang kami rekomendasikan. Karena kertas uncoated ini memang sangat banyak digunakan dalam berbagai hal. Selain karena harganya yang lebih murah kertas uncoated ini juga memiliki banyak kegunaan yang fleksibel.  

Back to Top