Jenis Cemilan Sehat dan Lezat untuk Ibu Hamil

Jenis Cemilan Sehat dan Lezat untuk Ibu Hamil –  Ada berbagai cemilan sehat untuk ibu hamil (ibu hamil) yang bisa menjadi pilihan. Hanya saja, silakan pilih lebih cermat memperhatikan kandungan gizi dari setiap kudapan, agar kudapan yang dikonsumsi tidak memenuhi isian, tetapi juga sehat.

Cemilan dan gula tinggi lemak, seperti es krim, keju, biskuit, krim, minyak, mentega, dan soda memang bisa dikonsumsi. Namun, jenis camilan sehat ini harus disetujui, karena tidak mengandung nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan. Karena alasan ini, Ibu hamil lebih memilih cemilan yang sehat.

Memilih Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil

Camilan sehat untuk ibu hamil harus mengandung berbagai jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti protein, kalsium, zat besi, asam folat, dan berbagai jenis vitamin. Beberapa camilan sehat yang bisa dipilih antara lain:

Yogurt

Kandungan kalsium dalam yogurt baik untuk kesehatan tulang dan Ibu hamil, serta janin dalam kandungan. Dalam yogurt juga terkandung prebiotik, yang merupakan bakteri baik untuk kesehatan pencernaan. Kandungan prebiotik dalam yogurt dapat meningkatkan pertumbuhan penyebab infeksi. Jika ingin cemilan yang sehat, cobalah simak manfaat buah naga untuk ibu hamil ini.

Sehingga risiko persalinan prematur, risiko infeksi selama kehamilan, eksim dan alergi pada bayi bisa berkurang. Sebagai camilan, ibu hamil bisa makan yogurt tawar dengan campuran kacang, kismis, dan buah segar. Yoghurt juga bisa dibuat smoothie. Anda bisa mencampurkan yogurt dengan jus buah, atau sayuran seperti bayam dan seledri.

Cokelat

Konsumsi cokelat selama kehamilan dapat memberikan manfaat kesehatan bagi Ibu hamil, sehingga dapat membantu mengurangi risiko kehamilan dan preeklampsia. Meski membawa manfaat, Ibu hamil tidak dianjurkan mengonsumsi cokelat terlalu banyak. Yang terbaik adalah memilih cokelat hitam atau cokelat hitam, daripada cokelat susu yang mengandung banyak gula.

Alpukat

Untuk memenuhi kebutuhan asam folat, Ibu hamil dapat mengonsumsi alpukat sebagai camilan. Kandungan folat alami dalam alpukat cukup tinggi, sehingga dapat dipertanyakan oleh otak dan sumsum tulang belakang.

Adakah Cemilan Sehat Lainnya yang Bisa Dipilih?

Selain kandungan folat yang tinggi, alpukat juga mengandung lemak sehat yang berguna untuk mendukung perkembangan otak janin. Untuk dapat memperoleh manfaat ini, ibu hamil dapat dikonsumsi langsung. Alpukat juga bisa disajikan sebagai mentega di roti bakar atau sandwich.

Jus jeruk

Kandungan asam folat dan kalium yang tersedia dalam jus jeruk bermanfaat untuk mencegah kelainan pada janin, memungkinkan fungsi otot, dan merawat Ibu hamil. Vitamin C dalam jus jeruk juga berguna untuk mencegah masuk angin, meningkatkan penyerapan zat besi, dan menjaga kesehatan tulang dan gigi Ibu hamil, dan janin dalam kandungan.

Selain jus jeruk, jus buah lain yang bisa menjadi pilihan selain mangga, stroberi dan tomat. Pastikan untuk tidak menambahkan banyak gula dan susu saat membuat jus.

Ubi

Kandungan nutrisi dari ubi jalar termasuk vitamin B, vitamin C, zat besi, kalium, mineral tembaga (tembaga), dan beta karoten yang kemudian dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh. Pada janin di dalam kandungan, vitamin A sangat penting untuk pembentukan mata, tulang dan kulit. Kentang yang dimasak, dipanggang atau digoreng.

Havermut

Kompleksitas tinggi dan serat dalam oatmeal lebih disukai oleh salah satu makanan super untuk kehamilan. Tidak hanya itu, oatmeal juga mengandung mineral magnesium dan seng yang cukup tinggi. Kandungan magnesium dalam oatmeal membawa berbagai manfaat dalam melindungi tubuh, otot, dan saraf. Sementara itu, kandungan seng dalam oatmeal bermanfaat dalam mendukung pertumbuhan sel dan pembentukan DNA pada janin.

Kacang edamame

Kacang edamame kaya akan vitamin B, termasuk asam folat. Edamame juga mengandung berbagai mineral yang dibutuhkan tubuh seperti zat besi, tembaga, seng, dan magnesium. Untuk menikmati kacang edamame sebagai camilan, ibu hamil dapat merebus kacang edamame dan menaburkan sedikit garam.

Baca juga tentang Inilah Tempat Melayangkan Karya bagi Penulis Lepas

Popcorn

Popcorn adalah salah satu camilan berserat tinggi yang dapat membantu meringankan sembelit yang berhasil pada Ibu hamil. Hanya saja, hindari membuat popcorn dengan mentega atau garam secara berlebihan.

Bagaimana Cara Membedakan Cemilan Sehat dan Tidak?

Saat hamil, ibu hamil akan merasa lebih lapar. Namun, bukan berarti Ibu hamil harus makan untuk dua orang. Diet yang disetujui selama kehamilan, yaitu makan sarapan sehat setiap pagi. Penting untuk memperhatikan kandungan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi contohnya saja cemilan sehat, untuk mendukung perkembangan janin. Ibu hamil dapat berkonsultasi dengan diet sehat dengan dokter kandungan atau dokter gizi.

Back to Top