Pahami Tips SEO Bagi Pemula yang Tren di 2020

Pahami Tips SEO Bagi Pemula yang Tren di 2020 – Ingin belajar SEO ? tapi masih bingung memulainya darimana ? Nah, bagi kamu yang baru terjun di dunia marketing digital, kamu harus pahami tips Pakar SEO bagi pemula yang tren di tahun 2020!

Di era digital ini, kehadiran SEO memegang peranan penting bagi suatu website. Sehingga tak heran jika para pebisnis juga berlomba-lomba belajar SEO secara detail. Sementara bagi pemula, wajib ketahui dasar SEO yang sederhana.

SEO (Search Engine Optimization) merupakan suatu cara marketing online yang saat ini populer di dunia marketing digital. Menerapkan strategi SEO yang tepat akan sangat membantu web bisnismu dikenal oleh konsumen.

Jika suatu keyword semakin terkenal dan banyak digunakan oleh situs web, tentu persaingan yang terjadi akan semakin ketat. Dan saat kompetisi terbilang cukup ketat, tentu saja SEO yang dibutuhkan pun juga semakin lengkap.

Inilah mengapa tips SEO bagi pemulaperlu dipahami dengan benar jika ingin menerapkan SEO untuk situs web bisnismu. SEO tersebutmampu membuat situsweb mumuncul di page 1 hasil pencarian Google.

Nah, jika kamu sedang menggeluti bisnis digital marketing, memahami tips SEO sangat pentingdikuasai. Terlebih untuk menawarkanproduk atau jasa yang kamu jual kepada konsumen.

Dengan mengetahui SEO experts, dipastikan kamu mampu bersaing dalam memasarkan bisnis kamu melaui situs web di  search engine. Tips apa saja yang perlu dipelajari untuk mulai menerapkan teknik SEO ?

Bagaimanakah penerapan SEO yang benar agar hasilnya maksimal ? Pertanyaan semacam ini mungkin sering ditanyakan pemula yang baru mengenal SEO. Nah, jika kamu pemula yang baru belajar SEO, kamu mendarat di artikel yang tepat!

Pada artikel kali ini kamu bisa menetahui tips SEO bagi pemulaagar bisa memahami SEO awal dengan baik secara keseluruhan Dengan mengetahui tips SEOkali ini, website bisnis yang kamu geluti dapat berkembang.

Algoritma Google memang selalu mengalami perubahan. Dengan begitu, teknik SEO pun harus selalu diupdate. Karena jika tidak, website-mu aka sulit bersaing di search engine. Inilah mengapa strategi SEO 2020 perlu kamu pelajari.

SEO memang tidak pernah ada habisnya untuk dipelajari. Bagi kamu yang memiliki website, tentu ingin memiliki pengunjung yang banyak bukan ? Dengan demikian, tips SEO bagi pemulamenjadi suatu kewajiban bagi kamu untuk mempelajarinya.

Nah, berikut ini beberapa tips SEO sederhana bagi pemula yang mudah dipahami dan diaplikasikan untuk optimalisasi website kamu. Simak uraian di bawah ini baik-baik ya!

  1. Pengaturan Tools SEO

Tips SEO pertama yang wajib diketahui oleh pemula ialah pengaturan tools. Pengaturan Tools terdiri dari alat Google Analytics, Google Webmaster Tools dan Google Keyword Planner. Berikut uraiannya.

  • Google Analytics

Fungsi utama Google Analytics ialah menganalisis serta mengacakinteraksi para user dengan website kamu. Google Analytics wajib kamu ketahui sebagai dasar untuk memahami SEO secara keseluruhan.

Ketika menggunakan Google Analytics, kamu harus membuat akun dan menambahkannya ke situs web kamu. Selain itu, kamu juga harus ketahui fitur apa saja yang ditawarkan oleh Google Analytics ya!

  • Google Webmaster Tools

Google Webmaster Tools wajib dilakukan untuk memperoleh hasil memuaskandari diterapkannya teknik SEO. Alat yang satu ini bisa kamu kuasai dengan baik dengan membaca Webmaster Google.

  • Google Keyword Planner

Untuk penelitian keyword, kamu bisa mengandalkan Google Keyword Palnner. Dengan alat ini kamu bisa mengetahui apa saja yang dicari oleh user, sehingga kamu bisa menentukan produk sesuai yang mereka inginkan.

  • Audit Website

Tips SEO bagi pemulayang penting dilakukan untuk menerpakan SEO ialah mengaudit website. Audit ini wajib dilakukan karena setiap saat Google bisa saja dapat melakukan penalti terhadap suatu website.

Nah, agar website kamu aman dan bebas dari penalti, lakukan audit website dengan tepat. Kamu bisa menggnakan Moz Site Audit Checklist sebagai alat bantu untuk mengaudit website..

WooRank juga alat yang bisa digunakan untuk membantumumengaudit website secara otomatis. Melakukan audit website memang membutuhkan waktu dan tenaga, namun hukumya wajib dilakukan agar websitemu tidak terkena penalti.

  • Navigasi

Kamu perlu melakukan navigasi agar situs web kamubisa dijelajahi dengan cepat. Selain itu, navigasi juga dapat digunakan untuk menemukan hubungan yang jelas halaman dengan link.

Nah, demi tercapainya tujuan itu, navigasi yang universal perlu dibangun. Navigasi universal dapat melakukan identifikasi mengapa user mengunjungi websitemu, istilan pencarian apa yang digunakan serta apa saja yang keluar dari halaman utama.

  • Menggunakan WWW atau Tidak

WWW termasuk bagian terpenting dari SEO yang letaknya ada di depan alamat sebuah website. Jika kamu tidak teliti, kesalahan fatal akan terjadi karena hal ini. Jadi, kamu harus putuskan untuk menggunakan www atau tidak.

Sebab, biasanya user merasa ragu apakah harus menyertakan www atau tidak untuk memasuki sebuah website. Nah, hal ini memberi pengetahuan untuk kamu tentang cara search engnie melihat website bisnismu.

Oleh karena itu, kamu harus pilih menggunakan www atau tidak Karena jika kamu memnggunakan keduanya, search engine akan menilai webmu sebagai dua situs yang berbeda. Hal ini tentu saja bisa merusak ranking dan kualitas link webmu.

  • Meta Tags

Selanjutnya meta tags juga termasuk tips SEO bagi pemulayang wajib kamu ketahui. Meta Tags adalah kalimat deskriptif ang muncul saat user melakukan pencarian di website. Dengannya, website-mu akan meningkat.

Namun hal yang perlu kamu ingat adalah pada satu meta deskripsi wajib memuat minimal 160 karakter dan wajib menyertakan frase keyword yang alami.

  • Robot.txt

Pernah mendengar istilah Robot.txt sebelumnya ? Robot.txt merupakan sebuah file teks yang harus dmasukkan di website unuk memberitahu serach engine, halaman mana saja yang diizinkan untuk dikunjungi.

Walaupun penggunaan robot.txt tidak wajib, namun akan sangat berguna jika terdapat situs yang tidak diharapakan untuk dimasuki robot pencari. Jang lupa, file robot.txt berada di direktori utama web kamu ya!

  • Sitemap

Sitemap menjadi tips SEO bagi pemulayang wajib kamu ketahui kegunaannya. Sitemap berfungsi untuk memastikan bahwa situs web kamu diindeks oleh mesin pencari Google.. Nah, dengan menerapkan sitemap HTML, user dapat menavigasi web kamu dengan cepat.

  • Off-Page

Off-page adalah tips SEO yang dilakukan dengan cara melakukan marketing di media sosial seperti Instagram, facebook atau twitter. Medos tersebut bisa membantu kamu untuk mendapatkan traffic jika diterapkan dengan cara yang tepat.

  • Konten On-Page

Tips SEO terakhir yang wajib kamu kuasai adalah membuat konten berkualitas. Selain keyword, konten berkualitas yang bermanfaat bagi user memiliki peranan penting untuk menentukan keberhasilan SEO.

Demikianlah beberapa tips SEO bagi pemulayang tren di 2020yang perlu kamu kuasai. Agar kamu bisa cepat memahami SEO, tekun belajar dan praktik SEO wajib dilakukan! Akhir kata, semoga tips diatas bermanfaat dan selamat mencoba ya!

Back to Top